Heboh... Ada kuil Canggih nih gan!


Ada satu kuil Budha yg paling gede di Thailand, Wat Phra Dhammakaya, kini dilengkapi dengan fasilitas WiFi di seluruh lokasi untuk membantu umat menjalani upacara keagamaan.

BANGKOK - Gunanya kuil sebagai tempat ibadah umat budha tak selalu harus terkesan kuno. Tapi kini kuil juga mengadopsi teknologi-teknologi canggih untuk membantu umat Budha dalam bersembahyang.

Salah satu kuil Budha terbesar di Thailand, Wat Phra Dhammakaya, kini dilengkapi dengan fasilitas WiFi di seluruh lokasi.

Hampir setiap pekan di kuil yang terletak di wilayah Tambol Klongsam, distrik Klonglaung, seluruh umat Budha menjalani ibadah. Selain itu di Wat Phra Dhammakaya, kerap menjadi ajang pusat festival keagamaan yang menyedot sekira 100.000 umat ke kuil.

Fasilitas WiFi ini mencakup 802.11 b / g / n dan dikelola dengan pengontrol tunggal ZoneDirector WLAN.

"Sebagian besar tubuh seseorang terdiri dari air, sinyal WiFi tidak bisa menembus," kata Victor Shtrom, pendiri dan kepala arsitek di Ruckus Wireless RF, penyedia fasilitas WiFi seperti dilansir Cellular-News, Selasa (24/8/2010).

"Hal ini menyebabkan masalah untuk sistem WiFi konvensional yang tidak memiliki cara untuk mengarahkan sinyal sekitar hambatan tersebut. Banyaknya jumlah orang ini menjadi masalah besar bagi standar WiFi." kata Shtrom

"Kami telah menghabiskan bertahun-tahun menyempurnakan sistem smart WiFi dirancang untuk secara otomatis mengarahkan sinyal WiFi," kata Shtrom

Dikatakan Shtrom, penggunaan kabel akan memakan biaya yang mahal dan tidak fleksibel untuk mendukung seperti wilayah yang luas.

Menyiapkan perlengkapan sembahyang dan kamera pengintai untuk skala besar saat perayaan ibadah terlalu memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menguji, mengkonfigurasi dan mengatur. WiFi menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.